Pengertian Website

Mengetahui Pengertian Website, Kenali Fungsi dan Jenisnya!

Pengertian website yaitu salah satu media informasi dan sarana komunikasi yang bisa kita temukan pada media internet. Perkembangan teknologi saat ini memberikan banyak kemudahan, termasuk dalam hal komunikasi dan informasi. Tak heran jika banyak media informasi yang bisa kita jumpai lewat internet.

Internet dapat kita akses dengan mudah melalui smartphone, laptop, komputer, dan lain sebagainya. Nah, untuk bisa mengakses website tentunya kita harus terhubung dengan jaringan internet terlebih dahulu.

Pengertian Website
pexels.com

Mengetahui Pengertian Website

Ketika membuka Google, biasanya Anda akan menjumpai banyak sekali artikel. Nah, artikel tersebut dimuat pada sebuah website. Jadi pengertian website merupakan sekumpulan halaman dalam suatu domain.

Dalam domain tersebut berisi tentang beraneka ragam informasi yang tersedia agar pengguna internet membacanya lewat suatu mesin pencari, contohnya Google.

Nah, informasi yang tersedia pada umumnya berisi tentang konten gambar, teks, ilustrasi, hingga video untuk berbagai macam kebutuhan.

Tampilan halaman utama atau homepage pada umumnya dapat Anda akses dengan menggunakan browser. Untuk membukanya, Anda harus menuliskan URL website yang tepat.

Sedangkan pada halaman utama website juga memuat beberapa halaman web turunan, yang mana antara satu dengan yang lain saling terhubung.

Fungsi Website

Tak hanya sebagai media informasi saja, ada banyak fungsi lain yang bisa Anda temukan pada website. Antara lain yaitu;

1. Media Komunikasi

Fungsi website juga bisa sebagai media komunikasi. Seperti yang kita tahu, saat ini komunikasi semakin mudah dilakukan melalui platform media sosial melalui website. Seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, Twitter, dan lain sebagainya. Bahkan pengguna platform tersebut kini semakin banyak.

2. Informasi

Fungsi website selanjutnya yaitu sebagai media informasi. Banyak informasi terbaru yang muncul setiap harinya yang menarik untuk dibaca oleh pengguna internet. Informasi pada website tersebut juga menjadi sarana edukasi yang efektif.

Melalui mesin pencarian seperti Google, Anda bisa mendapatkan informasi bermanfaat yang tersaji dalam website dengan cepat dan mudah.

3. Sarana Hiburan

Tahukah Anda, fungsi website juga bisa sebagai sarana hiburan untuk pengguna internet. Sebab, dalam website tersedia banyak sekali konten hiburan seperti film, situs game online, musik dan lain sebagainya. Dengan adanya konten website tersebut, pengguna internet bisa mengaksesnya sebagai hiburan.

4. Transaksi Jual beli Online

Saat ini banyak pebisnis yang beralih ke bisnis online, termasuk jual beli. Website menjadi sarana yang efektif untuk melakukan transaksi bisnis online. Dengan website, maka pebisnis bisa menghubungkan antara pihak perusahaan dengan konsumen.

Bisnis pun menjadi mudah tersebar luas jika pemasarannya dengan menggunakan media seperti website.

Jenis-Jenis Website

Sesudah mengetahui pengertian website dan fungsinya, kini saatnya kita mengenali apa saja jenis-jenis website. Adapun jenis website yaitu sebagai berikut;

1. Website Statis

Pengertian website statis yaitu suatu website yang memiliki tampilan yang tetap dan tidak mengalami banyak perubahan. Apabila ada perubahan, biasanya hanya terletak pada tampilan desain halaman web saja.

Kemudian, terkait konten website-nya tidak banyak mengalami perubahan. Website statis pada umumnya menampilkan profil organisasi atau perusahaan.

2. Dinamis

Jenis website yang kedua yaitu website dinamis. Website dinamis merupakan sebuah website yang secara terus menerus akan mengalami perubahan berdasarkan kebutuhan perkembangan zaman.

Jika dari segi tampilannya, website dinamis juga terkesan lebih interaktif. Kemudian website ini juga menyediakan fitur kolom komentar, hingga chatting.

Sebagai contohnya yaitu blog, sistem informasi, situs berita online, e-commerce, dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Interaktif

Pengertian website interaktif merupakan website yang memang didesain untuk saling berinteraksi antar penggunanya. Pada umumnya, untuk jenis situs ini tergolong ke dalam platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan lain sebagainya.